PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS KONEKSI, DAN PERANGKAT UNTUK TERHUBUNG DENGAN INTERNET

SEMUA TENTANG INTERNET

source : google.com
PENGERTIAN


Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP). TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket (dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara/prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.

SEJARAH

Di tahun 1960-an, Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat lewat Advanced Research Projects Agency yang disingkat juga sebagai ARPA merintis suatu sistem jaringan bernama ARPANET. ARPANET ini adalah asal mulanya sebelum terbentuk teknologi internet. Di tahun 1980-an, barulah internet mulai dipakai oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP/IP sendiri mulai dipublikasikan ke publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai dipakai empat tahun setelahnya, tepatnya di tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan di tahun 1986. NSFNET inilah yang mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional pada banyak negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut.


ARPANET kemudian diturunkan pada tahun 1990. Namun memang internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini. Dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet cuma informasi yang berbasis teks. Dan pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN. Di tahun 1993, InterNIC pun didirikan agar bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar tahun 1994, internet masuk ke negara kita, Indonesia.

JENIS - JENIS KONEKSI


  • Koneksi Dial Up

Komputer yang dilengkapi dengan modem analog dapat melakukan dial up, yaitu menghubungi server milik ISP untuk memperoleh akses internet.koneksi dial up tidak hanya menggunakan jalur telepon rumah (PSTN), tetapi juga bisa menggunakan telepon gengam berteknologi CDMA.Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial up) ke ISP.setelah terhubung, komputer akan memperoleh akses internet ISP tersebut.Untuk mengakiri koneksi internet, dilakukan dengan memutuskan hubungan telepon.Pelanggan akan di bebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung lamanya koneksi.

Modem dial up mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara (sinyal analog) yang di transmisikan melalui kabel telepon atau sebaliknya.Itu sebabnya, pada saat koneksi internet berlangsung, kamu tidak bisa menerima atau melakukan panggilan.Modem dial up umumnya diklasifikasikan berdasarkan jumlah bit data yang dapat dikirim per detik (bps, bit per second).Dengan adanya pembatasan interferensi sinyal suara, kecepatan modem dial up maksimum adalah 56 kbps.

Koneksi dengan metode ini paling mudah dilaksanakan, sehingga jangkauanya cukup luas.Kekurangan paling mendasar adalah masalah kecepatan koneksi.Kualitas jaringan telepon yang terpasang sangat berpengaruh pada kualitas koneksi.Hal ini di sebabkan karena lebar pita frekuensi yang dipakai rentan terhadap ganguan (noise) yang ditimbulkan dari lingkungan.Meski demikian, masih banyak orang yang menggunakan layanan dial up karena tidak tersedia layanan hubungan kecepatan tinggi akibat keterbatasan biaya atau karena keadaan geografis yang tidak memungkinkan.

  • ADSL (Kecepatan Akses Internet-ADSL)

ADSL(Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi dibawah 4 kHz).Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara atau fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

Berapakah bandwith maksimum yang didapat apabila kita menggunakan akses internet menggunakan ADSL : Untuk line rate 384 kbps, bandwith maksimum yang didapatkan mendekati 337 kbps,. Untuk line rate 384 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 kb/s, Untuk line rate 512 kbps, bandwith maksimum yang di dapatkan mendekati 450 kbps. Untuk line rate 512 kbps,throughtput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 kb/s.

  • Satelit VSAT

Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang cukup cepat namun termahal.Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung [parabola kusus] untuk menangkap signal satelit.

Kecepatan dari 64 hingga 2mb [ berlaku hanya di indonesia ] internasional lebih dari 2mb.
Biaya fix rate bulanan by speed for unlimited use.
Lokasi di tentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.

  • HANDPHONE

Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth mupun USB Cable Data.saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA.GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G.Sedangakn CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb – 2mb.

  • WIFI / Hotspot

Jenis koneksi ini mulai heboh akhir-akhir ini. Dibeberapa kafe, mal berlomba-lomba memberikan fasilitas ini bahkan gratis untuk para pengunjung / atau langganan mereka.Wi-fi ini bisa terkoneksi apabila kita memiliki modem wifi, biasanya notebook jadul belum ada.Kalau notebook baru bisanya sudah build in semua, dan handphone smartphone khususnya telah memiliki wifi build in juga, sehingga bisa langsung dpat di gunakan.

Biaya gratis , semua ini tergantung kpada ISP / penyedia jasa internet.
Kecepatan 11mb – 100mb [ semacam lan card ]
Lokasinya bisanya di mall, cafe, dan tempat yang ada memang kita telah tahu, misalnya kantor, rumah.

  • Cable Modem

Cable Modem merupakan modem yang menyediakan dua arah komunikasi saat melalui frekuensi radio (RF) pada insfrastruktur saluran CATV (cable TV). Kabel modem ini terutama digunakan untuk memberikan akses internet broadband dalam bentuk internet cable dengan mengambil bandwith yang tinggi dari jaringan televisi kabel.

  1. Incoming Search Terms:
  2. Jenis koneksi internet
  3. Koneksi ke isp yang menggunakan saluran telepon digital adalah
  4. Jenis jenis koneksi internet
  5. Jenis jenis internet
  6. Koneksi ke internet yang menggunakan saluran telepon digital adalah
  7. Koneksi ke isp menggunakan saluran telepon digital afalah



PERANGKAT UNTUK MENGAKSES INTERNET

Dalam melakukan akses ke dalam jaringan internet, maka sudah pasti ada banyak sekali perangkat yang dibutuhkan oleh user. Paling tidak, ada dua jenis perangkat yang harus kita miliki untuk dapat mengakses internet. Kedua perangkat tersebut dibagi menjadi perangkat keras jaringan komputer dan perangkat lunak jaringan komputer, yang sama-sama sebagai komponen penghubung jaringan internet. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya mengenai perangkat yang digunakan untuk mengakses internet:


Perangkat Keras
Perangkat keras merupakan perangkat yang secara fisik bisa dipegang dan juga dilihat secara nyata, yang membantu kita sebagai user untuk menikmati konektivitas internet. Apa saja prangkat keras yang harus kita miliki untuk dapat melakukan akses internet? Berikut ini adalah beberapa perangkat keras yang harus kita miliki untuk mengakses internet dan fungsinya :

  • Modem
Modem merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang banyak digunakan untuk melakukan koneksi internet. Modem sendiri merupakan kependekan dari modulator dan demodulator. Apabila dijelaskan sesuai dengan namanya, modem memiliki fungsi dua arah, yaitu untuk menerima sinya analog, lalu merubahnya menjadi sinyal digital agar bisa digunakan pada device tertentu, seperti komputer.

Fungsi Utama Modem

Modem memiliki beberapa fungsi utama. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari modem:
  1. Menerima sinyal dari ISP atau internet service provider
  2. Membuat koneksi device ke dalam jaringan internet
Saat ini, penggunaan modem sudah umum digunakan, baik dalam bentuk model ADSL yang menggunakan kabel telepon, modem USB sticks, hingga jenis modem wifi atau MiFi. Fungsi modem ADSL sendiri berguna untuk membagi penghantaran frekuensi pada koneksi dial up dalam sebuah jaringan. Hardware jaringan ini sangat memilik peran penting dalam koneksi internet terlebih untuk kelompok maupun individual.

  • Access Point
Access point merupakan perangkat keras jaringan kompter berikutnya yang penting dalam melakukan akses internet. Access point merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memancarkan sinyal nirkabel dari sebuah ISP. Fungsinya sama seperti modem, namun access point lebih banyak digunakan sebagai apa yang kita kenal dengan hotspot.

Accss point akan menerima sinyal dan juga paket data dari ISP, kemudian memancarkan sinyal tersebut dalam radius tertentu, sehingga client atau user bisa melakukan akses terhadap konten internet.

  • Komputer dan Device
Perangkat keras berikutnya yang paling penting, tentu saja adalah komputer dan jga device yang kita gunakan untuk mengakses internet. Setiap device atau compute, seperti laptop, PC, smartphone, tablet dan juga PDA akan terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga kita akan bisa mengakses internet dengan menggunakan komputer dan juga device.


  • Kabel jaringan
Meskipun saat ini sudah banyak beredar konektivitas menggunakan teknologi nirkabel, namun kita tidak boleh meremehkan kabel jaringan. Penggunaan kabel jaringan saat ini banyak digunakan sebagai home broadband, yang banyak digunakan pada rumah dan juga perkantoran. Banyak jenis-jenis kabel jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan user serta ruang lingkup yang digunakan, sehingga berbeda ruang lingkup berbeda pula jenis kabel yang digunakan.

Kabel jaringan akan mentransmisikan paket data yang disediakan oleh ISP dari server untuk kemudian diteruskan ke dalam receiver, yang dapat berupa modem, dan juga akses point. Ketika modem dan juga access point menerima sinyal melali kabel, maka modem dan juga access point dapat mentransmisikan jaringan internet ke client, baik secara wireless maupun dengan menggunakan kabel.

  • Server
Server merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan omputer, dan juga internet. Server merupakan komputer khusus yang dibuat sebagai pusat data. Nantinya, seluruh data dan juga informasi yang dimiliki oleh server ini akan ditransmisikan ke client dan juga usernya, dengan menggunakan internet.

Jadi, tanpa adanya server, kita tidak akan menemukan konten apa – apa, meskipun kita sudah terkoneksi ke dalam jaringan tersebut. Selain itu, server juga menentukan kecepatan akses, karena biasanya, semakin jauh lokasi sever, bisa jadi kecepatan akses yang diperoleh oleh user menjadi tidak optimal.

  • Router
Router merupakan salah satu perangkat keras jaringan yang juga banyak digunakan untuk mengakses internet. Router atau yang dalam bahasa indonesianya dikenal dengan nama penghala, merupakan salah satu perangkat keras yang bertugas untuk melakukan proses penghalaan dan juga penyaluran koneksi internet melalui protocol.


Fungsi router ini sebagai pendukung efisiensi dari jaringan komputer, agar jaringan yang disalurkan lebih baik. Biasanya, router akan menyalurkan koneksi internet ke user atau access point tertentu, sesuai dengan tabel routing yang sudah ada. Tabel routing menentukan kemana saja sinyal dan juga paket data akan ditransmisikan.

  • Wireless Network Adapter
Wireless network adapter merupakan perangkat keras yang berada di dalam komputer user atau klien yang akan melakukan akses internet. Wireless network adapter dibutuhkan agar komputer, PC, ataupun device lain mampu menangkap sinyal wireless yang dipancarkan oleh access point. Dengan adanya wireless network adapter ini, maka setiap koputer akan terhubung dengan internet secara wireless.

  • Port USB
Jangan anggap port USB hanya bisa digunakan untuk flash drive dan juga harddisk eksternal saja. Dalam koneksi dengan jaringan internet, Port USB merupakan salah satu perangkat keras komputer yang vital. Dengan adanya port USB, maka user atau client dapat kelakukan akses internet di PC atau komputernya dengan menggunakan USB Stick modem. Fungsi port pada komputer lainnya dapat mendukung jalannya koneksi agar lebih memberikan jaringan yang lebih optimal terhadap akses internet.

  • Antena Eksternal
Antena eksternal merupakan perangkat keras dalam mengakses internet yang bersifat insidentil. Ini artinya, antenna eksternal hanya diperlukan dalam kondisi tertentu. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang mengharuskan adanya antenna eksternal untuk mengakses internet:

  1. Lokasi bangunan yang terhalang tembok tinggi
  2. Lokasi BTS atau pemancar yang jauh
  3. Sinyal yang buruk
Antenna eksternal banyak digunakan untuk konektivitas mobile broadband, yang menggunakan pemancar wireless, seperti penggunaan dalam modem mobile broadband, ataupun smartpone.

Perangkat Lunak
Selain perangkat keras, ada beberapa perangkat lunak yang wajib dimiliki untuk dapat melakukan akses internet. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak yang harus dimiliki agar bisa melakukan akses internet :

  • Web Browser
Yang pertama adalah web browser. Web browser berfungsi untuk melakukan surfing di internet dengan menggunakan WWW atau world wide web. Dengan menggunakan web browser, anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan akses internet. Saat ini, sudah banyak sekali web browser yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda, baik mobile maupun PC.

  • Driver
Driver merupakan software yang membuat perangkat keras di dalam sebuah komputer dapat berjalan. Paling tidak, agar dapat melakukan akses internet, anda harus memilki salah satu atau semua driver di bawah ini:

  • Sistem Operasi
Jangan lupakan sistem operasi. Tanpa adanya sistem operasi, semua perangkat tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sistem operasi seperti windows, linux, dan juga mac merupakan hal yang wajib dimiliki untuk bisa mengakses internet, dan menginstall berbagai perangkat lunak untuk mengakses internet

Sumber : https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-internet/
                http://komputerlamongan.com/jenis-jenis-koneksi-internet/
                https://dosenit.com/jaringan-komputer/internet/perangkat-untuk-mengakses-internet-dan-fungsinya

Tedi Maulana

Halo salam kenal, gua baru banget dalam hal Blogging, dan gua harap tulisan gua ga ngerusak mata kalian. Thanks for reading

Tidak ada komentar:

Posting Komentar