PLAGIAT DALAM INTERNET

Plagiat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

plagiat/pla·gi·at/ n pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan.

Contoh Kasus Plagiarism

Chairil Anwar (1949)
Penyair Chairil Anwar pernah dituduh menjiplak karya tulis. Tak tanggung-tanggung, yang menuduh Hans Bague Jassin melalui tulisannya di Mimbar Indonesia berjudul Karya Asli, Saduran, dan Plagiat membahas puisi Kerawang-Bekasi. Kritikus sastra yang juga bergelar Paus Sastra Indonesia itu membandingkan puisi Chairil dengan The Dead Young Soldiers karya Archibald MacLeish, penyair Amerika Serikat.

Jassin tidak menyalahkan Chairil. Menurut dia, meskipun mirip, tetap ada rasa Chairil di dalamnya. Sedangkan sajak MacLeish, menurut Jassin, hanyalah katalisator penciptaan. Namun tanggapan Chairil bisa berbeda, apalagi Jassin menyebut tindakan Chairil meniru sajak MacLeish karena butuh uang untuk biaya berobat ke dokter. Ketegangan mereka sempat memuncak pada suatu acara di Gedung Kesenian Jakarta. Chairil dan Jassin sempat berkelahi.

ONLINE GAMES

Pengertian Online Games

Permainan Daring (Online Games) adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel. Biasanya permainan daring disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Sebuah game online bisa dimainkan secara bersamaan dengan menggunakan computer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu.

Contoh Online Games

  • Clash of Clans
  • Mobile Legends : Bang Bang
  • Apex Legends
  • Fortnite
  • PUBG
  • dll

ONLINE BUYING

Pengertian Online Buying

Belanja daring adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Melalui belanja lewat Internet seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak ia belanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual.

Contoh Situs Online Buying

Pengertian Cyber Bullying

Cyber bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui internet. Cyber bullying yaitu terjadi dimana seorang anak atau remaja diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan oleh anak atau remaja lain melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler.

Contoh Kasus

Daniel Briggs (Amerika Serikat, 2014)

Daniel Briggs mengalami bullying dari teman-temannya selama bertahun-tahun. Orangtua Daniel yang melaporkan kepada pihak sekolah dan pihak sekolah yang sudah memberikan sanksi pada pelaku bullying tersebut seolah nggak cukup keras menghentikan bullying, karena Daniel tetap saja di-bully, mulai dari dilempari tong sampah, dipukul perutnya, bahkan dikerjai disuruh menjilat jendela bus sekolah. Teman-temannya juga malah mengejek Daniel karena bercerita pada orangtua dan pihak sekolah. Daniel pun bercerita juga pada seorang teman yang juga guru pendidikan khusus yang memberinya nasehat untuk mengatasi bullying teman-temannya. Tapi, semua usaha itu juga nggak memberikan hasil. Teman-temannya malah makin mem-bully lewat pesan elektronik dan media sosial. Suatu hari, pe-bully Daniel bahkan mengirim pesan yang isinya mendorong Daniel untuk bunuh diri. Daniel bahkan mengatakan pada beberapa temannya di kelas dan di bus sekolah bahwa dia akan membunuh dirinya hari itu. Akhirnya, hari itu juga, Daniel bunuh diri dengan cara menembak dirinya sendiri.

INTERNET ADDICTION

Pengertian Internet Addiction

Seperti halnya adiksi terhadap zat, adiksi internet dapat diartikan sebagai pemakaian internet secara terus-menerus hingga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari penderitanya

Contoh Kasus Internet Addiction

Salah satu contohnya dialami oleh Danny Reagan. Remaja 16 tahun asal Amerika Serikat ini sempat menunjukkan tanda-tanda yang kerap diasosiasikan oleh para dokter sebagai efek kecanduan narkoba.

Danny, yang saat itu masih berusia 13 tahun, menjadi gelisah, tertutup, dan menjauh dengan teman-temannya. Ia bahkan berhenti mengerjakan tugas sekolah, tidak mandi, dan keluar dari kegiatan bisbol dan pramuka.

Walau begitu, ia tidak menggunakan narkoba. Danny sudah terikat dengan YouTube dan video game sampai ke titik ia tidak ingin melakukan hal-hal lainnya. Para dokter pun melihatnya bahwa perangkat yang dimiliki Danny sudah menjadi candu baginya.

"Setelah saya memiliki konsol (game), saya seperti jatuh cinta padanya. Saya suka untuk menyingkirkan segala hal dan bersantai saja," ujar remaja yang kini berada bersekolah di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat.

Lantas, bagaimana Danny bisa sembuh dari candunya itu? Setelah sempat gagal untuk membuatnya berjanji dalam membatasi penggunaan internet, orang tuanya mendatangi Lindner Center for Hope yang berada di Mason, Ohio, AS.

Tempat semaca klinik tersebut memiliki program 'Reboot' yang memberikan pengobatan untuk remaja berusia 11-17 tahun dengan keluhan seperti Danny, yaitu ketagihan terhadap internet. Tak cuma game dan YouTube, pornografi hingga sexting pun juga menjadi sejumlah masalah yang didapat tempat terapi tersebut.

Diketahui, ketagihannya Danny terhadap internet merupakan usahanya untuk meredakan sejumlah penyakit yang dideritanya. Diketahui, ia didiagnosis menderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan Anxiety Disorde saat usianya masih di bawah 7 tahun.

Pasien program 'Reboot' seperti Danny akan menghabiskan 28 hari di tempat terapi itu. Di sana, mereka menjalani sejumlah tes kesehatan sekaligus belajar untuk membatasi penggunaan internet.

Chris Tuell, pencetus program tersebut, mengatakan bahwa internet memiliki kesamaan dengan alkohol dan narkoba dalam memengaruhi otak. Walau belum secara resmi dikultuskan sebagai hal yang menyebabkan candu bagi penggunanya, internet bisa memicu otak untuk melepaskan zat kimia seperti endorfin dan membuat user merasa senang menggunakannya.

Walau begitu, sembuh dari kecanduan internet berbeda dengan melepas ketergantungan terhadap narkoba dan alkohol. Hal tersebut sudah sulit dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari.

Danny sendiri pun mengakuinya. "Itu selalu ada. Saya merasakannya (ponsel) di dalam kantong. Tapi lebih baik saya mengabaikannya," ucapnya, sebagaimana detikINET kutip dari Reuters, Senin (28/1/2018).

Sekadar informasi, para psikiater menyebut kecanduan terhadap internet menjangkiti sekitar 8% warga AS. Lebih lanjut, hal tersebut juga menjadi semakin sering dijumpai di seluruh dunia.

Sumber :

Tedi Maulana

Halo salam kenal, gua baru banget dalam hal Blogging, dan gua harap tulisan gua ga ngerusak mata kalian. Thanks for reading

Tidak ada komentar:

Posting Komentar